Chrome OS Akhiri Era Virus?


Apakah dengan hadirnya Chrome OS akan mengakhiri era virus yang menyebar saat ini? Google menjanjikan “akhir zaman virus” dengan akan hadirnya operating system berbasiskan cloud, Chorme OS.

Engineering Director Google, Linus Upson, telah menjanjikan kepada pengguna Internet bahwa Chrome OS akan membuat era malware, virus, dan trojan berakir. Google menjanjikan hal yang disebut majalah New Scientist sebagai “surga antivirus” pada Chrome OS. Serta Upson juga menjanjikan arsitektur keamanan tinggi pada Chrome OS agar pengguna tidak direpotkan dengan virus, malware dan update keamanan.

Namun ironisnya, google juga sempat direpotkan dengan celah keamanan pada browser Chrome. Dua dari celah keamanan yang hadir pada browser Chrome, yakni kode berbahaya pada Chrome tab sandbox dan proses tab dengan memory korup telah diperbaiki. Semua perubahan keamanan dan update terbaru dapat dilihat di situs Google Chrome ; http://googlechromereleases.blogspot.com/2009/07/stable-beta-update-bug-fixes.html.


Jadi, apakah masa depan cloud computing akan lebih aman dari sistem yang kita gunakan sekarang dimana saat ini kita harus men-download patch keamanan untuk memperbaiki software yang kita gunakan? Menurut Paul Jackson dari Forester Research men-download update keamanan akan menjadi tren yang ketinggalan pada saatnya era cloud computing, Karena update keamanan membutuhkan instalasi untuk memperbaiki software tersebut.

Sedangkan menurut Robert Caunt, seorang analis dari CSS Insight mengatakan bahwa Google mempunyai jam terbang tinggi dalam masalah keamanan, spam filter pada Gmail, dan deteksi phising pada search engine Google merupakan sistem keamanan yang bagus.

dan apakah kita sebagai user yang setiap saat menggunakan komputer penasaran dengan akan hadirnya Chrome OS ini? Kita tunggu saja kehadirannya dan kemudian bisa kita buktikan ketangguhannya.

Sumber : majalah PC Media 10/2009

2 komentar:

Anonim mengatakan...

weh kayaknya mantap tuh... perlu di jajal... hehehe

sandal jepit mengatakan...

udah ada versi beta-nya lho... ^_^... tinggal di download aja...
tapi...
ada tapinya nich...
filenya besar... sekitar 600an lebih dech,,,
n di bagi 5 part wat versi beta....

Posting Komentar